| WIB

logo

idaren

on . Dilihat: 64

Bangkitkan Pattimura-Pattimura Muda, PA Bengkayang Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

pahlawan 1

Bengkayang, Kalbar | www.pa-bengkayang.go.id

(Jum’at, 10 November 2023). Sang Proklamator Mohammad Hatta atau biasa kita sebut dengan nama Bung Hatta pernah berpesan:

Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya,

tetapi semata-mata untuk membela cita-cita.

Jatuh bangunnya negara ini, sangat tergantung dari bangsa ini sendiri.

Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntaian pulau di peta.

Jangan mengharapkan bangsa lain respek terhadap bangsa ini, bila kita sendiri gemar memperdaya sesama saudara sebangsa, merusak dan mencuri kekayaan Ibu Pertiwi.

Sementara Prof. Moh Yamin berpesan:

Cita-cita persatuan Indonesia itu bukan omong kosong, tetapi benar-benar didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri

Di sinilah relevansinya, dalam hal inilah maksud kita menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2023. Indonesia merupakan pasar yang besar sebab telah dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa, seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral. Ini menjadi tantangan kita yang sesungguhnya sebagai generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara.

Kita sadar bahwasannya ancaman penjajahan modern kian nyata. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama sebagaimana dicontohkan para Pejuang 10 November 1945 atau Para Pahlawan Bangsa.

Kita harus menjadi Pattimura-Pattimura Muda” sebagaimana pesan Pahlawan Nasional Pattimura yang disampaikan pada saat akan digantung di Kota Ambon tanggal 16 Desember 1817. “Kita harus mempunyai semangat tidak akan mau menyerahkan Bangsa ini kepada siapapun juga” sebagaimana pesan Pidato Bung Tomo di Radio pada saat pertempuran menghadapi Inggris di Surabaya bulan November 1945.

Karenanya melalui Upacara Peringatan kali ini, kita dituntut untuk kemudian dapat meneladani nilai-nilai perjuagan para Pahlawan di atas, sehingga karenanya kemudian kita dapat mewarisi jejak kemenangan beliau-beliau dalam bentuk semangat memerangi kemiskinan dan kebodohan.

Kita mewarisi semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Semangat menyatukan upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Semangat memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Semangat mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Itulah setidaknya maksud dan tujuan pagi ini seluruh Hakim dan ASN Pengadilan Agama Bengkayang menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November Tahun 2023. Semoga (Timred-PA,Bky).

 pahlawan 2 pahlawan 3 

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG

Jalan Basuki Rachmat Kelurahan Bumi Emas Bengkayang
Provinsi Kalimantan Barat

 (0562) 4431073
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Copyright @ 2020, Pengadilan Agama Bengkayang