| WIB

logo

idaren

Ditulis oleh Syarif Firdaus on . Dilihat: 52

Pengadilan Agama Bengkayang Selenggarakan Opening Meeting Assessment Internal 
Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) Tahun 2022

openigmeeting 1

Senin (29/08), bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Bengkayang menggelar kegiatan Opening Meeting Assessment Internal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) yang dilaksanakan pada pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh Para Pimpinan, Tim Assessor Internal dan seluruh Pegawai serta PPNPN Pengadilan Agama Bengkayang.

Acara ini dibuka oleh Akmal, S.Ag. sebagai Sekretaris I APM, yang kemudian dilanjutkan pengarahan oleh Mohammad Aghfar Musyaddad, S.H. sebagai Top Manajemen. Dalam sambutannya beliau menyampaikan urgansi manajemen dalam organisasi, karenanya maka pelaksanaan manajemen atau tata kelola tidak boleh “sekedarnya” dan “apa adanya” melainkan harus dilaksanakan sesuai dengan prinsip dan fungsi yang ada. Pengadilan Agama Bengkayang telah memperoleh predikat A excellent sejak APM diberlakukan, karenanya beliau berharap pada penilaian APM tahun 2022 ini Pengadilan Agama Bengkayang dapat mempertahankan predikatnya.

Setelah penyampaian arahan oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkayang sebagai Top Manajemen, selajuntnya opening meeting dipimpin oleh Sobari, S.H.I. sebagai Ketua APM. Dalam pengantarnya beliau menyampaikan bahwa Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) merupakan kegiatan rutin tahunan guna menjamin mutu sebuah organisasi, dokumen yang akan diperiksa oleh tim asesor merupakan dokumen yang telah diimplementasikan dalam rutinitas masing-masing bagian. Oleh karena itu beliau berharap dokumen yang disajikan telah lengkap dan diperbarui serta disimpan ke dalam folder yang telah disediakan dengan berpedoman pada panduan penyusunan eviden.

Selanjutnya penyampaian materi opening meeting oleh tim asesor internal. Riki Dian Saputra, S.H.I. yang merupakan lead asesor terlebih dahulu memperkenalkan tim asesor yang terdiri dari Syarif Firdaus, S.H.I. yang nantinya akan melakukan telusur kelengkapan dokumen APM pada bagian kepaniteraan dan Wahyu Indradinata yang akan melakukan telusur pada dokumen APM bagian kesekretariatan, sedangkan untuk bagian kepemimpinan dan observasi akan dinilai oleh lead asesor. Riki Dian Saputra juga menjelaskan mengenai lingkup, standar serta metode yang digunakan dalam melakukan asesmen nantinya.

openigmeeting 2  openigmeeting 3

Pada sesi tanya jawab, Ketua Pengadilan Agama Bengkayang melalui Sekretaris APM mempersilakan kepada peserta yang hadir untuk bertanya maupun memberi saran dan masukan dalam kaitannya terhadap pelaksanaan asesmen. Pertanyaan, saran dan masukan pertama disampaikan oleh Hendra Tirtana, S.H.I., M.A., Sekretaris Pengadilan Agama Bengkayang yang mengikuti forum melalui saluran zoom meeting juga menanyakan mengenai kesiapan dokumen APM masing-masing bagian kesekretariatan yang dikoordinatori oleh Para Kepala Subbagian. Selanjutnya pertanyaan, saran dan masukan disampaikan oleh Syarif Firdaus, S.H.I., Panitera Muda Hukum yang juga merupakan Asesor Internal dan Koordinator Tim Survei Kepuasan Masyarakat.

Sebelum menutup agenda opening meeting, Ketua APM menyampaikan agar catatan tim asesor terhadap temuan yang tidak ditemukan di dalam ceklis asesmen atau tidak sesuai dengan standar yang dipersyaratkan dapat dicatat ke dalam form permintaan perbaikan dan mendiskusikannya terlebih dahulu sebelum mengumumkan temuan tersebut pada closing meeting, kemudian lead asesor menyerahkannya kepada sekretaris APM dan menyiapkan laporan hasil asesmen. Untuk menggugah semangat para peserta, agenda opening meeting ditutup dengan yel-yel, prima..prima..prima.. gaaaspooolll.. (firdaus)

Berita Terkait:

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG

Jalan Basuki Rachmat Kelurahan Bumi Emas Bengkayang
Provinsi Kalimantan Barat

 (0562) 4431073
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Copyright @ 2020, Pengadilan Agama Bengkayang