| WIB

logo

idaren

Ditulis oleh Hendra Tirtana, S.H.I., M.A. on . Dilihat: 31

Inklusifitas Pengadilan Bengkayang; Distribusikan Daging Kurban Kepada Masyarakat Multi Etnis dan Agama

Bengkayang, Rabu, 13 Juli 2022. Ketua Pengadilan Agama Bengkayang, H. Mohammad Aghfar Musyadad, S.H. memimpin langsung penyembelihan 1 ekor kurban sapi dan pendistribusian kepada masyarakat Kabupaten Bengkayang. Bertempat di halaman belakang Pengadilan Agama Bengkayang, penyembelihan berlangsung lancar tanpa kendala apapun dan disaksikan oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Bengkayang.

foto kurban 20225

              Pasca penyembelihan, seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang bersama-sama turut memotong-motong sapi yang sudah disembelih dan memasukkannya ke kantong plastik yang telah disediakan untuk didistribusikan kepada masyarakat penerima kupon kurban, Aparatur Pengadilan Agama Bengkayang dan Anggota yang turut berkurban.

foto kurban 20222

                Ketua Panitia Kurban, Riki Dian Saputra, S.H.I.  menyatakan penyembelihan kurban merupakan kegiatan rutinitas yang diagendakan setiap tahun di Pengadilan Agama Bengkayang sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kabupaten Bengkayang. Dalam pendistribusiannya, masyarakat penerima daging kurban dari lintas etnis dan agama yang mengindikasikan Pengadilan Agama Bengkayang sangat inklusif, terbuka dan tanpa membeda-bedakan sehingga warga yang non muslimpun turut memperoleh daging kurban.

“ Masyarakat penerima daging kurban baik tahun ini dan tahun sebelumnya terdiri dari multi etnis dan agama; Islam, Kristen, khonghuchu dan lainnya sehingga syiar kurban dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bengkayang” Papar Riki.

              Ketua Pengadilan Agama Bengkayang sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Bengkayang yang turut membantu terealisasinya kegiatan kurban dan berharap agar kegiatan ini dapat terus diadakan setiap tahun. Pak Syaddad, yang juga mantan Ketua Pengadilan Agama Sorong ini menjelaskan dengan adanya ibadah kurban turut mempererat tali silaturrahim dan kekompakan dari seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Bengkayang serta sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar.

“ Semoga pemotongan kurban ini dapat terlaksana setiap tahunnya “ Pungkas Aghfar.

            Setelah kegiatan pemotongan kurban, sebagian daging kurban kemudian dimasak oleh Tim yang telah ditunjuk, untuk dikonsumsi bersama seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Bengkayang. Pada saat makan bersama ini, turut juga dibarengkan dengan acara pembubaran panitia kurban yang diisi dengan bincang-bincang mengenai strategi pelaksanaan kurban pada tahun mendatang agar dapat diikuti oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang.  

foto kurban 20223

              Setelah melalui proses diskusi panjang, diputuskan bahwa anggota tetap untuk penyembelihan kurban adalah Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris dan Jurusita. Sementara seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang lainnya juga diharuskan ikut untuk mengisi 1 slot yang kosong (dari jumlah minimal 7 orang). Sebagai bentuk komitmen juga diputuskan bahwa seluruh aparatur rela untuk dipotong Rp. 100.000 setiap bulan. Sedangkan kekurangannya akan ditutupi pada saat 1 bulan sebelum hari raya Idul Adha.

 

Semoga rezeki seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang dimudahkan sehingga dapat terus berkurban pada tahun-tahun selanjutnya.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG

Jalan Basuki Rachmat Kelurahan Bumi Emas Bengkayang
Provinsi Kalimantan Barat

 (0562) 4431073
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Copyright @ 2020, Pengadilan Agama Bengkayang