| WIB

logo

idaren

Ditulis oleh Hendra Tirtana, S.H.I., M.A. on . Dilihat: 16

EVALUASI IMPLEMENTASI AKREDITASI PENJAMINAN MUTU 2021; ASSESOR EKSTERNAL BADILAG

PUJI KINERJA PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG

              Assesor Eksternal Badan Peradilan Agama, Rusli, S.H.., M.H. didampingi Abdul Muttalib, S.H. dan Muhammad Firman, A.Md. melakukan assessment eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) di Pengadilan Agama Bengkayang, Rabu s.d. Kamis, 3 s.d. 4 November 2021. Dalam kesempatan ini,  Pimpinan Pengadilan Agama Bengkayang, Ketua dan Wakil Ketua beserta Panitera dan Sekretaris menerima langsung kehadiran Assesor Eksternal di ruang Ketua Pengadilan Agama Bengkayang. Rusli meyampaikan maksud dari kedatangan Tim Assesor adalah untuk mengetahui dan mengecek langsung sejauh mana implementasi APM di Pengadilan Agama Bengkayang.

BERITA EVALAUSI APM8

Foto : Tim melaporkan maksud kedatangan assesor ke Pengadilan Agama Bengkayang

“Sejatinya assesor sudah mengecek eviden-eviden yang telah dikirim pada aplikasi PMP-APM, namun ada beberapa eviden yang belum dapat ditampilkan yang itu menjadi fokus perhatian dari kami agar Tim Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Bengkayang dapat menyelesaikannya. Selain itu, Tim Assesor sebagaimana diperintahkan Badilag,  akan mengecek langsung kesesuaian eviden yang ditampilkan dengan kondisi riil  di lapangan sehingga nanti kami juga akan melakukan wawancara terhadap para tamu layanan”

                 Muhlis, S.H.I., M.H., Ketua Pengadilan Agama Bengkayang menyambut baik kedatangan Tim Assesor. Meskipun kunjungan assesor terkesan dadakan, tanpa info sebelumnya, namun tidak mengurangi kebahagiaan dari seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang  dikunjungi dan diperiksa oleh Tim Assesor.

“Kami sangat berterima kasih dengan kunjungan Tim Assesor Badilag yang telah menyempatkan diri melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama Bengkayang.  Semoga dapat memberikan saran dan masukan kepada kami untuk perbaikan Pengadilan Agama Bengkayang” Ucap Muhlis.

                  Selama 2 hari di Pengadilan Agama Bengkayang, Tim Assesor “menguliti” seluruh eviden yang ada dan dikorelasikan dengan data riil di lapangan. Assesor juga melakukan wawancara dengan para aparatur yang bertanggung jawab terhadap pemenuhan eviden. Selain itu, juga dilakukan wawancara dengan masyarakat pengguna layanan tentang aktifitas layanan yang diberikan oleh Tim PTSP PA Bengkayang apakah sudah sesuai prosedur dan bebas dari pungli, gratifikasi serta KKN.

BERITA EVALAUSI APM112

Foto : Ketua Tim Assesor Eksternal melakukan wawancara dengan masyarakat pengguna layanan PA Bengkayang

                  Setelah melakukan penelusuran, wawancara serta pemeriksaan berkas-berkas APM, Tim Assesor kemudian mengadakan acara closing meeting Evaluasi Akreditasi Penjaminan mutu, Kamis, 4 November 2021. Dalam kegiatan ini, assesor menyatakan cukup puas dengan usaha, kualitas dan eviden yang ada di Pengadilan Agama Bengkayang karena dari hasil assessment yang dilakukan, hanya ada sedikit temuan yang harus dilengkapi dan ditindaklanjuti. Namun demikian, assesor berpesan jangan pernah puas dengan prestasi dan capaian yang telah diraih, namun harus terus ditingkatkan semaksimal mungkin.

“Saya sangat mengapresiasi dengan kinerja seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang karena sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan mayoritas eviden Akreditasi Penjaminan Mutu. Semoga lebih baik ke depannya” Tukas Rusli mewakili Tim Assesor.

             Sebagai rangkaian akhir acara, Tim Assesor secara simbolis menyerahkan berkas hasil temuan APM kepada Ketua Pengadilan Agama Bengkayang, Muhlis, S.H.I., M.H. dan memberi jangka waktu 1 (satu) bulan untuk menyelesaikan temuan-temuan tersebut.  Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama Tim Assesor dan Seluruh aparatur Pengadilan Agama Bengkayang.

merge from ofoct

Foto : Penyerahan simbolis hasil temuan assesor eksternal kepada Ketua PA Bengkayang dan Foto bersama seluruh aparatur dengan assesor

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG

Jalan Basuki Rachmat Kelurahan Bumi Emas Bengkayang
Provinsi Kalimantan Barat

(0562) 6305060
(0562) 4431073
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Copyright @ 2020, Pengadilan Agama Bengkayang