• banner gratifikasi.png
  • Maklumat Pelayanan.jpg
  • slide_awas.png
  • web banner 2019.png

       

Pilihan Bahasa

Cari Berita

Foto Hakim

  • 01.jpg
  • 3.muhlis.jpg
  • 04.jpg
  • 05.jpg

Foto Pegawai

  • 1.jpg
  • 2.jpg
  • 3.jpg
  • 4.jpg
  • 5.jpg
  • 8.jpg
  • 9.jpg
  • 10.jpg
  • 11.jpg
  • 13.jpg
  • 14.jpg
  • 16.jpg
  • 17.jpg
  • 18.jpg
  • 19.jpg
  • yudhi septiandy s.jpg

Website Polling

Pendapat anda tentang web site PA Bengkayang ini
 

Bantuan Online

Statistik Pengunjung

TodayToday106
YesterdayYesterday154
This WeekThis Week260
This MonthThis Month3071
All DaysAll Days701369
UNITED STATES
US

Link Website Lain

PTA Pontianak
PA Pontianak
PA Mempawah
PA Sambas
PA Sanggau
PA Sintang
PA Putussibau
PA Ketapang

Tautan Eksternal

MARI
litbang
sms
badilag
Info Perkara Badilag
JDIH
Direktori Putusan
Sikep
Portal Tabayun
Pemkot Singkawang

altalt

Kamis 28 Maret 2019,  Pengadilan Tinggi Agama Pontianak menggelar acara Rapat Koordinasi Peningkatan Teknis Yustisial bertempat di Aula PTA Pontianak

Rakoor ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil pengawasan dan pembinaan oleh Hakim Tinggi Pembina Pengawas Daerah (HATIBINWASDA) PTA Pontianak yang dilakukan diseluruh Pengadilan Agama se Kalimantan Barat beberapa waktu yang lalu. Diantara hasil pengawasan dan pembinaan tersebut adalah masih banyaknya ditemukan perbedaan-perbedaan  dalam penerapan hukum acara. Bahkan ada beberapa aturan hukum acara yang terlewatkan yang tentunya akan berakibat fatas pada prodak hukum yang dihasilkan karena tidak sesuai dengan hukum acara.

Pertimbangan hukum harus diurai secara runtut. Harus dipilah mana peristiwa hukum yang harus dibuktikan dan mana peristiwa hukum yang tidak perlu dibuktikan karena sudah diakui. Hal ini penting agar prodak hukum  yang dihasilkan lebih berkualitas, demikian pesan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak Bapak Drs. H. Maslihan Syaifurraozi, SH, MH dalam arahannya.

Acara Rakoor tersebut diikuti oleh Hakim Tinggi PTA Pontianak, Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Pengganti, Jurusita dan Jurusita Pengganti Pengadilan Agama se Wilayah Kalimanatan Barat  (Ghan's)

Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA bersama Ketua Pengadilan Agama Bengkayang

Pengadilan Tinggi Agama Pontianak melaksanakan pembinaan dan pengawasan pada Pengadilan Agama Bengkayang, tim yang ditugaskan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terdiri dari: (1) Drs. H. M. Yusuf Was Syarief, M.H.I (Hakim Tinggi pada PTA Pontianak); (2) M. Yusuf, S.H., (Wakil Panitera PTA Pontianak); (3) H. Mustamir, S.H. (Kasubbag Tata Usaha dan Rumah Tangga). Pembinaan dan pengawasan dilakukan dari tanggal 20 s.d 22  Maret 2019.

 

Pembinaan dan pengawasan dilakukan oleh tim PTA Pontianak merupakan proses pengumpulan data-data dan memberikan catatan-catatan terhadap hasil kinerja yang telah dilakukan di kepaniteraan dan kesekretarian yang dianggap belum sesuai dengan ketentuan dan melakukan evaluasi serta koreksi terhadap kekurangan yang ada. Kekurangan dalam bentuk temuan akan dilaporkan kepada Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak yang telah menugaskan kepada Tim untuk melakukan Pengawasan dan Pembinaan di Pengadilan Agama Bengkayang. Drs. H. M. Yusuf Was Syarief, M.H.I berpesan kepada Ketua Pengadilan Agama Bengkayang untuk segera menindaklanjuti hasil temuan dan melaporkan tindak lanjut tersebut kepada Ketua pengadilan Tinggi Agama Pontianak.

 

Ketua Pengadilan Agama Bengkayang langsung memberikan arahan kepada petugas yang diberikan catatan untuk segera memperbaiki catatan-catatan tersebut sesuai dengan hasil pembinaan dan pengawasan PTA Pontianak.

Pegawai PA Bengkayang foto bersama TIM Hatibinwasda PTA Pontianak

 

Drs. H. M. Yusuf Was Syarief, M.H.I menyampaikan dalam pembinaan yang diselenggarakan di Ruang Sidang Pengadilan Agama Bengkayang untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya bagi hakim, jangan sampai terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang, karena pengadilan merupakan tempat pelayanan publik khususnya bagi masyarakat yang memerlukan bantuan hukum atau mencari kepastian hukum, juga untuk selalu Istiqomah dalam kebaikan untuk peningkatan kinerja Satuan Kerja

Ketua Pengadilan Agama Bengkayang Adriani, S.Ag., mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Tim Pembinaan dan Pengawasan PTA Pontianak yang telah meluangkan waktu dan memberikan koreksi serta pembinaan yang begitu berharga bagi seluruh aparatur peradilan yang ada di Pengadilan Agama Bengkayang, semoga koreksi dan evaluasi yang diberikan mampu meningkatkan kualitas pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Bengkayang.

Tim Bawas bersama Ketua Pengadilan Agama Bengkayang

Saat tiba di Kantor PA Bengkayang pada Rabu, (20/03/2019) pukul 08.00 WIB rombongan tim pemeriksa disambut langsung oleh Ketua, Hj. Andriani, S.Ag, para Hakim dan seluruh Karyawan PA Bengkayang. Bertempat diruang Ketua sebelum melakukan pemeriksaan, H. Muhammad Yanas selaku ketua tim pemeriksa menyampaikan beberapa hal penting terkait dengan tugasnya melakukan pemeriksaan reguler di PA Bengkayang.

Berdasarkan surat tugas Nomor : 186/BP/ST/III/2019, Tim yang diketuai oleh Rudi Widodo, Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan MA RI dan 4 orang anggota yaitu H. Muhammad Yanas, Mohammad Syauqie(Anggota Tim), Muhammad Adzkiya sebagai sekretaris dan Musa La Haji sebagai Pemeriksa melaksanakan tugas pemeriksaan reguler sebagai berikut :

1.      Melakukan monitoring/pembinaan pada Pengadilan Agama Bengkayang atas Pemeriksaan Reguler yang telah dilaksanakan pada tanggal 06 Juni 2011 sampai dengan 10 Juni 2011.

  1. Menindak lanjuti hasil pemeriksaan/temuan BPK, BPKP dan SIMAK-BMN serta memantau pelaksanaan PERMA nomor 9 Tahun 2016 tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (whistle blowing system) di Mahakamah Agung RI dan Badan Peradilan dibawahnya.
  2. Monitoring terkait kedisplinan aparatur, kebersihan lingkungan dan pelayanan publik.
  3. Opname Brankas terkait uang konsinyasi dan uang pihak ketiga lainnya.

Pelaksanaan pemeriksaan reguler tersebut dilaksanakan mulai 19 Maret 2019 sampai dengan 22 Maret 2019. Tidak menunggu waktu lama para pemeriksa pun langsung berbagi tugas untuk menuju objek pemeriksaan.

Setelah merampungkan seluruh materi pemeriksaanya, pada Jumat, (22/03/2019) , pada kesempatan yang sama Ketua PA Bengkayang Hj. Adriani, S.Ag. menyampaikan terima kasih kepada tim Badan Pengawasan MA RI yang telah melakukan pemeriksaan sekaligus pembinaan kepada PA Bengkayang. Disampaikan oleh Ketua, dengan adanya pemeriksaan ini dapat menjadi pelajaran yang berharga sekaligus bahan koreksi kedepan agar kinerja kita  menjadi baik, terhadap temuan yang ada Ketua akan memperbaikinya segera.

Nobar Laporan Mahkamah Agung Republik Indonesia

Bengkayang. Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor: 02 Tahun 2019 Tentang Sidang Istimewa Laporan Tahunan Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2018, Sehubungan dengan itu Pengadilan Agama Bengkayang mengadakan Nonton Bareng dan bertempat di Loby Pengadilan Agama Bengkayang dengan langsung ikut serta Ketua Pengadilan Agama Bengkayang ibu (Hj. Andriani, S.Ag), seluruh Hakim, pejabat Struktural dan Fungsional Serta Rekan-rekan Honorer yang berbahagia. 

27 Februari 2019, Pukul 09,00 WIB dan bisa diacses langsung di Youtube resmi Mahkamah Agung pada URL http:// www.youtube.com / c /MahkamahAgungRepublikIndonesia. 

  • 01. Ucapan Selamat Hari Raya 1439 .png
  • 01. Ucapan Selamat Untuk Ketua Baru.png