| WIB

logo

idaren

on . Dilihat: 75

PA Bengkayang Terima Mahasiswa Magang

25 3ش

Bengkayang, Kalbar | www.pa-bengkayang.go.id

(Senin, 25/03/2024). Bertempat di Ruang Kerja Wakil Ketua, pagi ini Pengadilan Agama Bengkayang menerima tamu dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Kehadiran civitas akademika yang dalam hal ini di wakili oleh Adul Rahman, S.H., M.H. tersebut dalam rangka pengantaran satu mahasiswanya untuk melaksanakan salah satu program kampus yakni PKKHP.

PKKHP yang merupakan akronim dari “Praktik Kerja Kemahiran Hukum dan Peradilan” tersebut menurut penuturan Adul Rahman akan berlangsung selama 4 bulan, yakni sedari bulan Maret 2024 dan akan berakhir sampai bulan Juli 2024 yang akan datang.

Lebih lanjut Dosen Pembimbing yang memangku mata kuliah Hukum Perdata tersebut menjelaskan bahwasannya dengan program PKKHP, mahasiswa diwajibkan untuk turut aktif dan memberikan kontribusi nyata dalam membantu pelayanan kepada masyarakat Bumi Sebalo Kabupaten Bengkayang melalui perantara Pengadilan Agama Bengkayang.

Adalah Ayu Pujiati mahasiswa yang dihantarkan oleh Abdul Rahman kali ini. Mahasiswa Fakultas Syariah Proram Studi Hukum Keluarga Islam tersebut merupakan mahasiswa gelombang pertama yang secara jadwal akan mengikuti salah satu program dari Kurikulum Merdeka melalui PKKHP di Pengadilan Agama Bengkayang. Melalui program PKKHP tersebut, pihak kampus berharap mahasiswa asal Sanggau Ledo tersebut kemudian mendapatkan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang di dapat selama di bangku kuliah yakni dengan praktik kerja di dunia nyata.

PKKHP ini merupakan program baru yang merujuk pada Kurikulum Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM), yang secara khusus bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam mengaplikasikan ilmu yang di dapat selama di kuliah, yakni dengan praktik kerja di dunia nyata dalam ruang lingkup hukum dan Peradilan Agama”, jelas Abdul Rahman.

Lebih lanjut, Dosen yang berprofesi pula sebagai Advokat tersebut berharap semoga dengan adanya program ini mahasiswa benar-benar siap untuk menjadi calon penerus dikemudian hari dalam penegakkan hukum di Bumi Sebalo Kabupaten Bengkayang. Tentu dengan bekal pengetahuan serta pengalaman yang didapat selama praktik kerja di lapangan berlangsung atau selama PKKHP berlagsung.

25 3 س

Sementara selaku tuan rumah yang diberi amanah, Pengadilan Agama Bengkayang melalui Wakil Ketuanya menyambut dengan baik kehadiran Mahasiswa dan Dosen Pembimbing tersebut. Miftahul Arwani berharap semoga dengan adanya program PKKHP ini mahasiswa benar-benar dapat memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan oleh pihak kampus untuk mengeksplore dirinya selama atau Pengadilan Agama Bengkayang.

Wakil Ketua yang sebelumnya bertugas sebagai Hakim Pengadian Agama Soreang tersebut berharap Ayu Pujiati dapat berperan aktif dalam lingkungan kantor dan menanyakan apa saja yang tidak diketahui kepada Hakim dan Aparatur yang bertugas, semata untuk menjalin keakraban dan mendapatkan pengetahuan sesuai yang diperlukan oleh Ayu Pujiati.

Saya mewakili Pimpinan menyampaikan terimakasih atas kehadirannya, dan kami menyambut baik silaturrahmi dan kerjasama ini. Semoga sinergisitas antara Pengadilan Agama Bengkayang dan IAIN Pontianak lesatri terjalin. Dan kepada Ayu Pujiati tentu kami harapkan bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik-bainya. Silahkan eksplore diri. insyaAllah kami komitmen untuk memberikan kesempatan untuk itu, dan bukan kemudian justru mengeksploitasi diri Ayu Pujiati”, tegas Hakim alumni UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut.

Semoga, melalui PKKHP ini Mahasiswa dapat kemudian mengetahui dan memahami akan apa itu sesungguhnya Pengadilan Agama, apa kewenangannya, bagaimana proses beracaranya dan seterusnya. Semoga (Timred-PA.Bky/Ay).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

PENGADILAN AGAMA BENGKAYANG

Jalan Basuki Rachmat Kelurahan Bumi Emas Bengkayang
Provinsi Kalimantan Barat

 (0562) 4431073
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Copyright @ 2020, Pengadilan Agama Bengkayang